Lorem Ipsum Dolor .......

Lorem ipsum lorem ipsum lorem ipsum lorem ipsum.......

Profil Motor Baru New Honda Tiger Revolution


Profil Motor Baru New Honda Tiger Revolution

OTOMOTIFNET - Sejak pertama kali diluncurkan pada 1993 silam, Honda Tiger sudah mengalami perubahan sebanyak 4 kali. Dan pada kali keempatnya ini boleh dibilang paling heboh dari perubahan terdahulu.

Bukan drastis tidaknya bentuk yang ditampilkan, namun keberanian mengusung gaya yang keluar dari kebiasaan.

“Asymmetric style” yang duluan tenar di daratan Eropa dipilih sebagai konsep minor change pada New Tiger Revolution terbarunya.

Bukan tidak mungkin ini adalah pintu menuju perubahan style Honda. Nantinya semua motor Honda bisa jadi punya konsep yang serupa. “Kita lihat saja nanti,” buka Johanes Loman, Marketing Director, PT Astra Honda Motor.

Bila dilihat asal usulnya konsep ini sebenarnya sudah terlebih dahulu di develop oleh pabrikan Honda Motor Eropa, namun sudah terlebih dahulu direalisasikan oleh Astra Honda Motor, Indonesia.

Wah kita duluan dong? Iya duluan, tapi lupakan urusan mesin. Setidaknya pada sektor desain kita enggak bakal ketinggalan lagi. Sejak Honda Revo, Mega Pro terbaru hingga CS-1 Indonesia sudah mandiri urusan desain.

Kok jadi ngelantur? Ayo balik ke New Tiger Revolution, mari kita kupas sedikit perubahan pada motor sport yang penjualannya menguasai 62,3% pasar motor sport di atas 200cc. Yang pertama dan paling mencolok adalah design lampu depan yang sport dan asimetris.

Lampu ini dilengkapi multireflector agar nyalanya lebih terang dan fokus. Tampilannya bolehlah, unik dan sensasional bergaya motor besar ala eropa, apalagi desain visor ikutan aerodinamis dan asimetris.

“Sepertinya pemilik Tiger lama juga bisa ganti dengan desain lampu baru ini,” ungkap Johanes Loman. Berikutnya ada perbedaan ketika melongok kebalik visor. Desain panel speedometer juga ikut berbenah. Meski tetap dua bulatan berjajar namun sentuhan aksen warna silver membuat keduanya terlihat berbeda satu sama lain.

Lanjut ke stunning shroud atau penutup tanki juga memiliki desain baru yang lebih kekar dan berotot. Selain itu stop lamp lebih canggih dengan paduan single bulb dan LED. Pokoknya lebih gaya saat menyala.

Dan yang terakhir ada pada cover muffler baru yang desainnya sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Sedang bagian lainnya termasuk mesin? Samimawon alias sama saja tidak ada yang berbeda.

New Tiger Revolution terbaru ini tersedia dalam 5 pilihan warna Evolve Black, Magma Red, Reign Blue, Dominate Gray, dan Magnificent Black yang kabarnya dijual dengan banderol Rp 24 juta, atau lebih mahal sedikit ketimbang versi terdahulu.

Spesifikasi

Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
Jarak sumbu roda : 1327 mm
Jarak terendah ke tanah : 155 mm
Berat kosong : 138 kg
Tipe rangka : Pola Berlian
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
Ukuran ban depan : 2,75 - 18 42L
Ukuran ban belakang : 100/90 - 18 M/C - 56P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter
Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
Volume langkah : 196,9 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Daya maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi transmsi : 6 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Elektrik Starter & Kick Starter
Aki : 12 V - 7 Ah
Busi : ND x 24 EP U9 / NGK DP8EA-9
Sistem pengapian : CDI-AC, Magneto

0 komentar:

Posting Komentar